Rafael Anjas

Rafael Anjas

It's My About

Mengatasi Macet Citayam Ke Depok Dibangun Underpass

Depok, Jawa Barat – Guna mengurai kemacetan yang terjadi di simpang Margonda-Kartini-Dewi Sartika- Siliwangi (Markas Wangi) dan Citayam. Kota Sejuta Belimbing merencanakan bakal membuat underpass di dua jalur tersebut.

Kepala Sub Bidang Pembangunan Fisik dan Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Herniwati mengatakan,
Depok menargetkan dua underpass bisa rampung 100 persen sampai tahun 2025.

”Hal ini sesuai target di Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Depok,” kata Herniwati dikutip Radar Depok.

Ia menjelaskan, kedua underpass tersebut yakni underpass Citayam sepanjang 500 meter dan Markas Wangi dua kilometer.

”Markas Wangi mungkin dibangun bertahap, underpassnya dahulu diselesaikan.” tuturnya.

Lanjut ia menjelaskan, berdasarkan uji kelayakan memang saat itu, berbentuk fly over. Tapi, setelah itu ada tiga opsi alternatif yang menggunakan underpass, dan fly over.

Opsi pertama dari Jalan Margonda ke Dewi Sartika menggunakan fly over. Lalu, dari Jalan Siliwangi-Dewi Sartika underpass, Kartini-Dewi Sartika fly over. Opsi kedua Siliwangi-Dewisartika fly over, Margonda-Dewi Sartika underpass, Kartini-Dewi Sartika underpass.

”Akhirnya dipilih opsi alternatif 3, semuanya underpass. Fly over hanya di Simpang Sengon,” ujarnya.

Herniwati menuturkan, desain pembangunan jalan diubah karena dinilai alternatif yang saat ini dipilih lebih efisien dan biayanya lebih murah.

Selain itu, dari versi konsultas setelah dipelajari kontur tanah di Jalan Siliwangi lebih rendah. Sehingga, bila memaksakan membuat fly over bakal naik lebih tinggi.

”Akhirnya sekalian dibuat rendah dengan underpass. Teknisnya lebih menguntungkan.” Jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, jika underpass sudah dibangun, maka akan mengurai kemacetan di simpang-simpang yang ada.

”Tidak akan ada lagi antrean kendaraan untuk menunggu giliran jalan di persimpangan,” kata Gandara.

Saat ini, kata dia, Dishub Kota Depok terus mengoptimalkan anggota yang ada dibantu dengan ATCS di beberapa simpang yang sudah terpasang.

”Dengan mengoptimalkan anggota, dan ATCS, kita sedapat mungkin mengurai kemacetan di setiap simpang, terutama saat jam sibuk seperti pagi dan sore hari,” ucap Gandara.

Sumber: pojoksatu.id

DROP A COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *