Rafael Anjas

Rafael Anjas

It's My About

Ngambil Foto/Video Gebetan di Sosmed kena UU ITE?

Revisi Undang-Undang ITE atau Informasi dan Transaksi Elektronik membuat sebagian Jomblo Resah šŸ™

Pasalnya Undang-Undang ini berkaitan dengan para Netijen Jomblo yang saat ini tengah mengincar gebetan dan dengan mudah mendapatkan Koleksi Foto maupun Video dari Sosial Media Gebetannya menjadi bertanya-tanya.

Apakah Revisi Undang-Undang ITE ini berkaitan dengan mengambil Konten dari Sosmed Gebetan tanpa seizin orangnya?

Dalam Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, Gambar / Konten memiliki Hak Cipta lho seperti dilansir Hukumonline.com,Ā Gambar termasuk karya yang dilindungi hak cipta secara otomatis begitu gambar terwujud dan dapat diperbanyak (Pasal 12 ayat 1 Undang-Undang Hak Cipta/UUHC).

Hak cipta memberi sejumlah hak eksklusif kepada pencipta gambar di antaranya untuk melaksanakan perbanyakan, pengumuman termasuk perubahan atas gambarnya sendiri dan melarang orang lain melaksanakan tindakan-tindakan tersebut tanpa seijinnya.

Jadi dalam hal ini, UU yang diberlakukan untuk mengambil konten adalah soal Hak Cipta (Pasal 12 ayat 1 Undang-Undang Hak Cipta/UUHC). Sementara itu untuk UU ITEĀ (Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE) sebenarnya masih berkaitan juga yaitu tentangĀ konten ilegal, yang terdiri dari, antara lain: kesusilaan, perjudian, penghinaan/pencemaran nama baik, pengancaman dan pemerasan. menurut kutipan dari Wikipedia

Kesimpulannya adalah, Meminta Izin kepihak bersangkutan dan jangan mencoba konten foto/video untuk disalah gunakan karena, Jika ada pihak yang merasa penghinaan atau pencemaran nama baik nanti bisa dilaporkan dan yang paling penting disini daripada mengambil Foto/Video di Sosmed Gebtan lebih baik diajak foto bareng dan jangan kelamaan mending langsung dinyatakan, diterima atau tidaknya diperjuangkan dulu dong šŸ˜€

Sekian penjelasan singkat, Terimakasih sumber dari Hukumonline.com dan Wikipedia.org

 

Anjas Swara

Praktisi Digital Marketing – Pengamat Sosial Media

DROP A COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *